Selamat Datang di Website SMA NEGERI 11 PANDEGLANG
blog-img
Jumat,19 Agustus 2022

PERINGATAN HARI KONSERVASI ALAM NASIONAL 2022 DI KAMPUS HIJAU SMANLAS

Gugun Jaliludin | Lingkungan Hidup | Dilihat: 12

Pandeglang –  Telah kita ketahui bersama bahwa tanggal 10 Agustus ditetapkan sebagai Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 22 Tahun 2009. Penyelenggaraan hari peringatan ini bertujuan untuk mengkampanyekan pentingnya konservasi alam bagi kesejahteraan masyarakat. Tujuan HKAN juga  untuk mengedukasi masyarakat dalam upaya menyelamatkan ekosistem alam.

 

Hari peringatan ini menjadi momen strategis bagi warga SMAN 11 Pandeglang sebagai upaya mengajak seluruh warga sekolah, guru, siswa, TAS, Karyawan, petugas keamanan untuk berperan aktif dalam menjaga keanekaragaman hayati, kawasan konservasi dan lingkungan hidup, terutama di lingkungan sekolah. HKAN Tahun 2022 di SMAN 11 Pandeglang mengusung tema “ Hidup Berkelanjutan dalam Harmoni dengan Alam”.Kegiatan di fokuskan pada pembuatan media tanam kombinasi sekam padi, pupuk organik dan tanah dengan perbandingan 1:1:1, selanjutnya di fermentasikan. Media ini nantinya akan dimanfaatkan untuk penanaman TOS (Tanaman Obat Sekolah), Bibit Sayuran, tanaman hias dan tanaman lainnya yang bermanfaat.

Bertepatan dengan momen peringatan HKAN Tahun 2022 di SMAN 11 Pandeglang Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional, pada selasa tanggal 16 Agustus 2002, sekira jam 14.00 Wib mendapat Kunjungan Kerja dari Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten Bapak Muhamad Taqwin SN, S.Pd, SE, M.Ak. Beliau sangat mengapresiasi dan menghargai kegiatan  lingkungan yang dilaksanakan sekolah setiap hari selasa (Selasih, Selasa Bersih) merupakan program sekolah Adiwiyata.

Dilain kesempatan Ketua Adiwiyata SMANLAS Pandeglang, Nazwatul Ilmi, S,Pd, M.Pd Mengatakan bahwa peringatan hari konservasi alam nasional kali ini, SMAN 11 Pandeglang menggelar aksi nyata terkait kebersihan lingkungan sekolah dan penanaman. Hal ini dilakukan dalam rangka mendukung tema nasional hari konservasi alam yaitu hidup berkelanjutan dalam harmoni dengan alam. Kegiatan penanaman diawali dengan mengedukasi siswa membuat media tanam yang bagus selanjutnya media tersebut digunakan sebagai media tanaman di lingkungan sekolah. Harapannya dari kegiatan ini lingkungan sekolah menjadi lebih hijau, asri dan rindang melalui praktik langsung membuat media tanam akan menjadi pembelajaran bermakna (kontekstual) bagi siswa sehingga menjadi bekal mereka dalam melakukan penanaman ke depannya, terang Ilmi.

Senada diungkapkan oleh Iti Jarsiti, S.Pd, guru biologi SMAN 11 Pandeglang bahwa dalam rangka memperingati Hari Konservasi Alam Nasional, diisi dengan kegiatan membersihkan lingkungan sekolah kemudian dilakukan kegiatan pembuatan media tanam yang akan di gunakan untuk penanaman pohon, atau tanaman lainnya, Alhamdulillah seluruh warga sekolah terlibat aktif penuh antusias mulai dari peserta didik, dewan guru serta staf TAS dan lainnya, semoga kegiatan peringatan hari - hari lingkungan hidup seperti ini terus dapat dilakukan mengingat sekolah kita merupakan sekolah Adiwiyata.

Chika Amalia (siswa kelas XI IPA) ,mengaku senang dan mendapatkan wawasan pengetahuan tentang tata cara membuat media tanam,untuk menanam bunga, atau tanaman lainya disekolah kita, biar sekolah kita tambah rindang, hijau dan sejuk  yang diamini oleh para kader adiwiyata lainnya.

Selamat Hari Konservasi Alam Nasional 2022. Semoga sumber daya alam hayati serta ekosistemnya akan tetap lestari.(TME).

Bagikan Ke :

Paling Banyak dibaca